( Always give the best )

Rabu, 28 Agustus 2013

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan Komputer adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainya sehingga membentuk sebuah Jaringan, topologi biasa di rancang agar kita tau bagaimana jaringan yang akan dibangun.

Berikut adalah macam-macam topologi jaringan komputer :

1. BUS

topologi jaringan komputer

Topologi jaringan BUS hanya menggunakan satu kabel untuk menghubungkan komputer server dan client, sehingga sering terjadi error pada saat pengiriman data. tetapi dalam menggunakan topologi ini tentu akan hemat.

2. STAR
topologi jaringan komputer

Topologi jaringan komputer  STAR memiliki banyak kelebihan sehingga topologi star paling banyak digunakan saat ini, salah satu kelebihannya yaitu mudah untuk mengetahui komputer yang bermasalah karena topologi ini menggunakan switch/hub sebagai penghubung. dan juga akan sangat mudah jika anda ingin menambahkan client tanpa menggangu client lainnya. kelemahannya yaitu memerlukan biaya yang lebih besar, karena menggunakan banyak kabel

3. RING
topologi jaringan komputer

Topologi jaringan komputer RING bentuknya seperti lingkaran, dan kabel dipasang 1 komputer ke komputer lainnya, sehingga transfer data akan di transfer ke 1 per 1 komputer, topologi ini sangat mudah di bangun dan biaya nya murah, tetapi jika salah satu kabel terputus, jaringan tidak bisa beroperasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

0 komentar:

Posting Komentar

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena telah berkunjung ke blog saya dan saya mohon agar anda berkomentar mengenai artikel yang sudah saya tulis, terimakasih ya....