( Always give the best )

Kamis, 26 Juli 2012

Tips Belajar Fisika

       “Gimana sih, supaya bisa Fisika ?” atau “Fisika kok susah ya ?” mungkin pertanyaan-pertanyaan itu sering dilontarkan oleh sebagian pelajar yang meganggap Fisika sebagai pelajaran yang sulit. Sebenarnya, belajar Fisika itu sama saja dengan belajar mata pelajaran lainnya, yang membedakan hanyalah bidang yang dipelajarinya. 
        Nah, bagi kalian yang merasa kesulitan dalam belajar Fisika dalam tulisan ini ada sedikit tips-tips bagaimana Fisika yang sulit ini jadi ‘kelihatan’ lebih mudah. Bagaimana caranya ?

1.  Pahami terlebih dahulu konsepnya
               Dalam Fisika kamu harus paham apa sih yang akan dipelajari ? Apa kegunaannya ? Ada tidak relevansinya dengan kehidupanmu ? Karena belajar Fisika bukan hanya dengan cara menghafal rumus-rumus. Rumus Fisika itu punya makna dan cerita di baliknya. Oleh sebab itu, pahami alur rumus dari konsep awal sampai menjadi rumus akhir. Tujuannya adalah supaya kamu mengerti dari mana rumus-rumus itu berasal, semenjak konsep yang mendasarinya sampai menjadi rumus akhir, kecuali beberapa rumus yang sudah merupakan definisi dan rumus ini biasanya sangat sederhana. Setelah kamu mengerti rumus tersebut maka akan sangat mudah untukmu menghapal rumus tersebut.

Ingat, konsep itu tidak bisa diafal, konsep hanya bisa dipahami. Oleh karena itu, untuk memudahkanmu memahami konsep, cobalah buat sebuah peta konsep. Peta konsep adalah rangkuman yang kamu bikin mirip peta untuk menunjukkan posisi sub pokok bahasan. Dengan membuat peta konsep kamu akan lebih mudah mendefinisikan posisi pemecahan masalah dengan benar.

Dengan memahami konsep secara baik dan benar kamu dapat menjelaskan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan denan ilmu Fisika. Dengan memahami konsep secara baik dan benar rumus-rumus yang sulit dengan sendirinya akan terpahami dengan mudah.

2.  Pelajari mulai dari tingkat yang paling dasar
            Biasanya rumus-rumus Fisika di buku yang kelihatannya sangat rumit sebenarnya berasal dari konsep yang sederhana. Misalnya konsep tentang gaya atau tentang energi, yang diturunkan menjadi rumus akhir yang dibutuhkan. Pelajari konsep-konsep tersebut dahulu sebelum pergi ke rumus akhir. Pelajari konsep-konsep secara berurutan sehingga kamu dapat memahami alur dan kesaling berkaitan di antara konsep tersebut

3.  Latihan mengerjakan soal-soal
                  Hal utama yang perlu diperhatikan dalam mempelajari Fisika adalah sesering mungkin berlatih mengerjakan soal. Kalau kamu sering mengerjakan soal Fisika dengan sendirinya rumus-rumus akan selalu teringat sekaligus kamu juga akan semakin memahami konsep Fisika. Dalam mengerakan soal kamu harus bisa mengetahui maksud dan arah pertanyaan dari soal tersebut. Artinya pahami soal dan ketahui apa yang ditanyakan. Dengan begitu kamu lebih mudah mengerjakannya.

Ingat kerjakan soal dari yang termudah dahulu ya,… setelah soal yang mudah ditaklukkan baru lanjut ke soal yang lebih sulit. Oh iya, kalau kamu mengerjakan latihan soal yang terdapat jawaban dan pembahasandari soal tersebut jangan terburu-buru untuk melihat pembahasannya tapi cobalah untuk mengerjakan soal tersebut terlebih dahulu.

4.  Kembangkan soal yang lebih sulit agar pengetahuan lebih mendalam
        Cobalah mulai berkenalan dengan soal-soal yang lebih sulit atau bervariasi. Keberhasilan kita menaklukkan soal dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi akan membawa suatu kenikmatan yang berbeda. Buatlah coretan atau gambar yang mudah kamu pahami atas soal yang kamu baca. Coretan boleh dalam bentuk gambar atau catatan yang penting bisa kamu pahami. Gambar dan coretan itu bisa membantu logika dalam memahami soal.

5.  Belajar bersama
        Kalau bosan dan pusing belajar sendiri, cobalah cari temanmu yang lebih memahami Fisika untuk berdiskusi. Kadang dengan berdiskusi kita akan lebih paham dan “nempel” konsep-konsep yang sedang kita pelajari.

Selamat belajar…..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Belajar Fisika

1 komentar:

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena telah berkunjung ke blog saya dan saya mohon agar anda berkomentar mengenai artikel yang sudah saya tulis, terimakasih ya....