( Always give the best )

Sabtu, 24 Desember 2011

6 Latihan Atletik Untuk Pembentukan Six Pack

Atlet umumnya mempunyai abs yang luar biasa. Anda pasti pernah melihat para atlet baik sprinter, pelari jarak jauh, pesenam ataupun perenang. Apa yang bisa membuat mereka memiliki perut sedemikian bagusnya? Bagaimana mereka bisa memiliki kandungan lemak yang demikian rendah? Jika anda tertarik untuk menurunkan jumlah lemak tubuh anda dan memperoleh six pack abs, ini perlu anda baca tentunya.



Ini daftarnya:
1.    Sprint/Lari cepat jarak pendek
Sprint bukan saja alat metabolik yang sempurna untuk pengurangan lemak, tetapi juga bagus untuk membangun otot perut. Seluruh otot perut anda akan bekerja juga ketika anda berlari dengan kecepatan tinggi. Selain itu, ada elemen anti-rotasi yang merupakan aspek kunci lain dari latihan perut.
Sprint bisa disebut adalah olahraga yang sangat bagus untuk pengurangan lemak, tetapi jika anda mempunyai problem ortopedi atau gemuk berlebihan sedemikian hingga tidak bisa berlari ringan sekalipun, maka saran saya adalah jangan lakukan dulu sampai anda mencapai kondisi yang mampu untuk melakukannya.
2.    Latihan melompat
Latihan melompat seperti squat jump (melompat dari posisi jongkok atau lutut tertekuk), burpees, atau skipping (lompat tali) sangat bagus untuk pengurangan lemak dan juga untuk pembentukan otot perut. Kebanyakan orang melakukan terlalu banyak latihan perut yang telentang (misalnya sit up) padahal latihan seperti melompat ini juga bagus untuk perut.
3.    Latihan diatas kepala
Latihan apapun yang membuat tangan anda diatas kepala akan secara otomatis membuat bagian tengah tubuh anda (perut) menjadi kencang. Coba berdiri dan rasakan perut anda bagaimana. Kemudian angkat tangan anda dan rasakan bedanya. Bagian perut anda akan terasa lebih kencang saat tangan anda diatas.
Sekarang lakukan latihan squat biasa (tidak perlu menggunakan barbell atau dumbbell, cukup tangan kosong) dan posisikan tangan anda disamping tubuh. Bandingkan dengan jika anda mengangkat tangan anda saat melakukan squat.
Apakah anda bisa merasakan tubuh tengah anda menjadi lebih kencang?
Jika anda sudah cukup terlatih, silakan melakukan squat dengan tangan diatas menggunakan dumbbell atau barbell. Atau juga latihan lunges.
4.    Latihan beban tubuh
Dengan tubuh yang berisi lemak, jelas akan lebih berat tubuh anda. Dan semakin berat badan anda, maka ketika anda melakukan latihan beban tubuh akan menguras lebih banyak tenaga dan melatih otot perut lebih keras.
Latihan beban tubuh yang terbaik tentu saja push up, pull up, dips, squat, lunges, step up (gerakan naik tangga) dan banyak variasi gerakan tubuh lainnya. Beberapa variasinya bisa dibagi menjadi Latihan Stabilisasi dan Latihan Anti-Rotasi seperti dibawah ini.
5.    Latihan Stabilisasi
Latihan stabilisasi sebenarnya menyenangkan dan menantang untuk dilakukan. Ada banyak latihan stabilisasi yang bisa dilakukan dan kebanyakan dalam posisi telungkup atau menyamping.
Dibawah ini anda akan melihat 3 latihan Plank dasar. Latihan yang paling kiri (Plank berlutut) adalah yang termudah, sedangkan latihan paling kanan (Plank siku) adalah yang paling sulit. Semua posisi ini adalah posisi statis yang mengharuskan anda untuk menjaga posisi tubuh agar tetap lurus dan kencang seperti kayu untuk satu jangka waktu tertentu/ beberapa menit. Mungkin sekilas akan terlihat mudah, tapi ketika anda lakukan, saya yakin anda akan mengakui ini latihan yang sama sulitnya (atau mungkin lebih sulit) dibanding push up.
Latihan Atletik untuk Six Pack Abs
        Plank Berlutut                   Plank Tangan                         Plank Siku
Anda harus menjaga agar pinggul anda tidak melorot turun atau pantat anda naik ke atas. Ketika anda menjaga seluruh tubuh anda lurus, maka praktis perut dan punggung saling kontraksi tarik menarik untuk menjaga keseimbangan. Saya yakin perut anda jika bisa bicara, akan lebih memilih bergerak daripada diam tapi dengan beban seperti itu.
Untuk variasi, jika pada contoh diatas anda menggunakan 4 titik tubuh untuk bertumpu, maka kurangi hingga 2 saja seperti gambar dibawah. Otot perut anda akan berkontraksi lebih lagi untuk menjaga keseimbangan ini.
Latihan Atletik untuk Six Pack Abs
Handstand Crossover Climbs
Untuk melatih otot perut bagian samping, maka latihan plank yang dibawah ini akan sangat bagus untuk dilakukan. Sekali lagi, posisi yang paling kiri adalah yang termudah dan yang kanan adalah yang tersulit.
Latihan Atletik Untuk Six Pack Abs
       Berlutut Side Plank                      Side Plank                               Side Plank 1 Kaki
6.    Latihan Anti-Rotasi
Maksud dari anti rotasi adalah bagaimana menahan tubuh anda agar tidak berputar. Sebagai contoh, ketika melakukan lari ringan maka tubuh anda bagian tengah akan cenderung berputar ke kanan dan ke kiri. Tetapi ketika anda melakukan latihan lari cepat, maka anda tidak akan sempat melakukan gerakan perut ke kanan dan ke kiri karena tubuh anda menahannya.
Contoh lain dari latihan anti-rotasi adalah posisi plank dan row. Pada gambar dibawah, anda melakukan posisi seperti plank tetapi tangan anda memegang dumbbell. Kemudian mulai angkat tangan kanan anda, hanya saja tubuh anda pasti ingin juga bergerak ke kanan untuk membantu tangan anda, tahan sebaik mungkin agar tidak bergerak ke kanan.
Latihan Atletik Untuk Six Pack Abs
Dumbbell Plank and Row

Semua latihan ini sangat menarik untuk dilakukan dan anda pasti bisa membangun otot perut yang luar biasa. Selamat mencoba!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Latihan Atletik Untuk Pembentukan Six Pack

0 komentar:

Posting Komentar

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena telah berkunjung ke blog saya dan saya mohon agar anda berkomentar mengenai artikel yang sudah saya tulis, terimakasih ya....